BCA Paylater vs Kredivo Paylater, Mana Paling Menguntungkan?

Masyarakat kini memang banyak yang sudah terbiasa menggunakan paylater. Karena dianggap praktis, mudah, terjangkau serta tidak ribet harus bawa dompet atau kartu kredit. Sudah tersematkan di smartphone masing-masing bayarnya juga bisa pakai QRIS sehingga online offline pun bisa tetap digunakan.

Tidak heran jika Bank sebesar BCA pun kini punya produk paylater. Lalu bagaimana dengan nasib paylater yang sudah sejak awal ada, contoh seperti Kredivo Paylater yang sudah dikenal sejak lama memberikan produk beli hari ini bayarnya belakangan.

Selain paylater, Kredivo juga menawarkan Kredit Online. Salah satu alasan mengapa masyarakat enggan mengajukan kredit lewat bank karena proses yang ribet dan syarat yang banyak. Tak heran jika paylater pun waktu itu jadi pilihan alternatif saat tidak bisa ajukan pinjaman di bank. Justru kini trennya malah berbalik karena bank konvensional pun mengeluarkan produk paylater seperti yang ditawarkan oleh BCA.

Lalu apa bedanya sih antara BCA vs Kredivo Paylater? Nah, simak kelebihan dan kekurangannya masing-masing di bawah ini;

Kredivo Paylater

Kredivo Paylater memberikan opsi tenor selama 30 hari tanpa perlu bayar bunga. Namun, tetap dikenakan biaya admin 1% atau minimum Rp1.000. Sangat terjangkau lah ya dengan fitur dan kemudahan yang ditawarkan sebanding dengan biaya adminnya untuk operasional. Intinya Kredivo akan memberikan informasi biaya di muka, sehingga lebih transparan diketahui oleh debitur.

Nah, jika kamu menggunakan kredit online dari Kredivo, kamu bisa mencicil barang apapun baik elektronik maupun furniture atau alat kebutuhan rumah tangga lainnya selama 3 bulan dengan bunga 0%. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3%. Tidak ada biaya tersembunyi, kamu bisa langsung tahu berapa besar cicilan, bunga serta total yang harus dibayarkan sesaat sebelum kamu menyetujui.

Jika melakukan pendaftaran untuk member premium, bisa punya kesempatan mendapatkan limit hingga Rp50 juta yang bisa digunakan untuk kebutuhan produktif lainnya. JIka dirasa perlu cicilan yang lebih ringan, ada tenor 6 atau 12 bulan dengan bunga rendah 2.6% saja per bulan. Kredivo sudah terdaftar di OJK sehingga lebih aman dan memiliki kepastian hukum yang jelas.

Selain itu, Kredivo juga bisa dipakai untuk bayar-bayar tagihan bulanan seperti listrik, handphone, PDAM, iuran BPJS Kesehatan, beli token listrik, pulsa handphone bahkan bisa beli tiket pesawat dan kereta api langsung dari aplikasi Kredivo. Nah, bayarnya bisa pakai paylater atau cicilan.

BCA Paylater

BCA Paylater bisa kamu ajukan lewat aplikasi myBCA. Tentu kamu harus menjadi nasabah Bank BCA dulu untuk mendapatkan fitur BCA Paylater. Setelah itu pastikan bisa membuat akun di aplikasi myBCA supaya bisa menggunakan BCA Paylater.

Jika dibandingkan dengan Kredivo, limit pinjaman BCA Paylater masih lebih rendah, yaitu Rp20 juta, sementara limit pinjaman Kredivo yaitu Rp50 juta bagi member premium.

Karena baru diluncurkan, BCA Paylater memang memberikan bunga yang lebih kompetitif yaitu 2% flat untuk tenor 1, 3, 6 dan 12 bulan. Untuk saat ini tenor 1-3 bulan bunganya masih 0% hingga 1 Maret 2024.  Transaksi menggunakan BCA Paylater ini sudah terintegrasi dengan fitur QRIS, jadi penggunaannya pun sudah cukup mudah.

Namun, sudah bukan rahasia umum lagi jika pengajuan di bank konvensional dibutuhkan “privilege” tertentu. Karena tidak semua nasabah mungkin tidak akan disetujui pengajuannya. Nah, dari kedua produk tersebut kira-kira mana yang kamu pilih?