Penyebab Batuk pada Anak dan Dewasa yang Jarang Diketahui

Batuk adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan yang biasa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Ada banyak penyebab batuk yang akan diuraikan dalam majalahjogja.com agar lebih mudah mencegah terjadinya gejala batuk.

Penyebab Batuk pada Anak dan Dewasa yang Jarang Diketahui

Kira-kira apa saja yang dapat menjadi penyebab batuk pada anak-anak dan orang dewasa ? Pemahaman tentang penyebab batuk yang jarang diketahui ini sangat penting agar dapat mencegah gejala batuk yang mudah dialami oleh berbagai kalangan.

1. Alergi Makanan

Salah satu penyebab batuk yang seringkali terjadi dan tidak disadari ialah alergi makanan pada anak-anak. Biasanya, pada anak yang alergi makanan tertentu seperti telur, susu atau kacang-kacangan, akan muncul gejala batuk dan sesak napas. Untuk itu, penting bagi anda sebagai orang tua untuk memantau makanan pada anak.

2. Infeksi Virus

Infeksi virus adalah penyebab gejala batuk yang dapat terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Seseorang yang mengalami batuk berlarut dan tidak kunjung sembuh, bisa saja disebabkan oleh trakeitis post-virus, yakni peradangan pada saluran pernapasan bawah yang menghasilkan lendir dan menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

3. Alergi Musiman

Batuk yang hanya terjadi pada musim tertentu dan tidak selalu sepanjang tahun bisa saja merupakan tanda batuk alergi musiman. Biasanya, orang dewasa akan mengalami batuk ini karena alergi pada serbuk sari, spora jamur atau bulu hewan peliharaan. Jika anda mengalami batuk musiman karena alergen ini, jangan ragu periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

4. Obat-Obatan pada Dewasa

Obat-obatan yang dikonsumsi oleh orang dewasa seperti ACE inhibitors dapat menyebakan batuk karena efek samping. Batuk ini umumnya kering dan persisten. Jika anda curiga bahwa obat yang sedang dikonsumsi adalah penyebab batuk, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah dia berbagai penyebab batuk pada anak dan orang dewasa yang jarang diketahui. Dengan mengetahui penyebab batuk diatas, anda bisa segera mendapatkan obat batuk berdahak paling ampuh dari resep dokter. Pastikan jaga kesehatan diri anda agar terhindar dari batuk yang berkelanjutan.