Emas Antam: Pengertian, Syarat-syarat, dan Cara Membeli di Blibli

Logam mulia atau emas merupakan investasi yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. bagi yang memiliki tujuan menengah atau jangka panjang, seperti menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi atau membeli rumah, investasi emas adalah kuncinya.

Dikutip dari media lagi pengen, emas Antam menjadi salah satu bentuk investasi yang semakin banyak dilirik. Karena, Emas Antam tidak hanya memiliki nilai yang tergolong stabil. Akan tetapi, tingkat likuiditas dari bentuk investasi ini juga sangat tinggi.

Sehingga, tidak mengherankan jika Emas yang diproduksi oleh PT. ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia ini semakin banyak dibeli untuk dijadikan salah satu bentuk instrumen investasi.

1. Apa itu Emas Antam?

Emas Antam adalah emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. Awalnya, PT Aneka Tambang adalah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Sekarang, Antam berada di bawah perusahaan PT Inalum (Persero) atau MIND ID. Di Indonesia, emas Antam 24 karat memiliki popularitas yang tinggi di kalangan masyarakat.

Umumnya, orang membeli emas Antam untuk investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun. Hal ini karena aset berkilau ini memiliki nilai yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Bahkan, aset tersebut mampu menjaga nilainya di tengah inflasi atau kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil.

Meskipun harganya fluktuatif dalam jangka pendek, harga emas dalam jangka panjang selalu mengalami kenaikan. Oleh sebab itu, aset berkilau ini cocok menjadi instrumen investasi jangka panjang.

2. Perbedaan Emas Antam Asli dan Palsu

Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah bullion protect yang merupakan fitur keamanan emas murni yang dibuat melekat langsung pada produknya dan hanya bisa dicek dengan menggunakan alat pemindai khusus.

Namun meski tidak menggunakan teknologi itu, masih banyak cara untuk memastikan keaslian dari logam mulia, di antaranya adalah:

  • Di setiap certicard keluaran Antam, terdapat barcode atau biasa disebut certicode yang berfungsi untuk mengecek keaslian produk.
  • Pastikan hanya membeli emas Antam yang masih dalam kemasan. Hal ini penting karena emas yang sudah lepas dari certicard-nya sangat potensial merupakan barang palsu.
  • Emas asli dan palsu memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Emas palsu yang terbuat dari bahan kuningan, biasanya lebih gelap dan kusam. Sedangkan emas yang asli, memiliki warna yang mengkilap, berkilau dan lebih kuning.
  • Syarat-syarat Membeli Emas Antam di Blibli.

Mengutip dari laman resmi Blibli, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk membeli emas antam, sebagai berikut:

  • Transaksi hingga Rp100 juta bisa menggunakan ekspedisi yang telah menjadi mitra UBPP Logam Mulia.
  • Traksaksi lebih dari Rp 20 juta bisa diambil di Butik Emas Logam Mulia terdekat dari lokasi pembelian tanpa dikuasakan, membawa identitas diri yang asli, dan bukti transaksi.
  • Pengambilan emas ke Butik Emas Logam Mulia memiiliki batas waktu hingga 7 hari setelah transaksi berhasil dilakukan.
  • Cara Membeli Emas Antam di Blibli.

Sudah sangat jelas jika emas Antam adalah pilihan yang paling aman untuk investasi karena nilainya stabil dan sertifikatnya jelas. Selain itu juga bisa membelinya dengan modal yang rendah karena pilihan ukurannya beragam. Likuiditas emas Antam juga sudah pasti tinggi karena kualitasnya yang sudah dipercaya di seluruh Indonesia.

Kalian bisa mendapatkan emas Antam di Blibli. Kenapa harus di Blibli? Pilihan emas yang tersedia di sini variatif dan jelas kualitasnya, pasti original dengan sertifikat yang jelas. Selain itu, proses pengirimannya pun terjamin. Nah, berikut ini cara membeli emas Antam di Blibli:

  • Klik menu “Emas” melalui website atau aplikasi Blibli, lalu klik tombol “Beli emas”
  • Masukkan jumlah emas yang ingin kamu beli dalam gram atau dalam rupiah, lalu klik “Lanjutkan”
  • Pilih metode pembayaran untuk membayar, beri centang untuk menyetujui Syarat & Ketentuan, lalu klik “Bayar sekarang”
  • Setelah pembayaran telah dikonfirmasi oleh Pluang, pembelian emas akan segera diproses.

Jika tertarik untuk membeli atau berinvestasi emas Antam, pastikan untuk menyimak baik-baik semua informasi di atas dan bisa langsung praktek investasi di Blibli. Pasalnya, Blibli selalu menyediakan promo yang menarik,